Seperti yang kita tahu bahwa banyak jenis masakan yang bisa diolah dari ayam yaladies. Seperti opor, sate, gulai, rendang, semur, tumisan, rica-rica, ayam panggang, ayam bakar, sop, dan lain-lain. Nah, berikut ini akan kami berikan resep lapis ayam yang merupakan resep turun temurun yang sangat digemari karena rasanya yang unik. Selain itu cara membuatnya juga sangat mudah dan tidak memerlukan waktu yang lama. Hidangan ini bisa dikonsumsi oleh anak-anak karena rasanya yang tidak pedas. Jadi tunggu apalagi ladies? Yuk kita coba resep lapis ayam ini!
Lapis Ayam
Bahan :
2 ekor ayam kampung yang tidak terlalu tua, potong-potong sesuai selera
5 siung bawang putih, iris
10 siung bawang merah, iris
1 batang daun seledri, iris
1 batang daun bawang, iris
5 butir cengkeh, dihaluskan
1 ujung sdt pala bubuk
1 sdt garam
3 sdm kecap manis
5 butir telur ayam
250 ml santan yang sedang kentalnya
2 sdm mentega untuk menumis
Cara membuat :
1. Panaskan mentega, lalu tumis bawang merah, bawang putih, cengkeh, pala halus, garam, daun bawang, daun seledri, ayam dan telur sampai harum.
2. Jika ayam sudah setengah matang, masukkan santan. Aduk perlahan agar santan tidak pecah.
3. Masukkan kecap, aduk rata, masak ayam sampai matang dan santan meresap serta agak mengering dalam api sedang.
4. Setelah ayam matang, sajikan selagi hangat.
Untuk informasi, resep ini bisa juga diganti dengan daging ya ladies, tapi santannya perlu ditambahkan agak banyak karena daging membutuhkan waktu yang cukup lama agar bisa matang dengan sempurna.

Makan siang di kantor berarti menyantap hidangan dengan waktu terbatas sesuai jam makan ya ladies. Nah, supaya tubuh tetap berstamina, maka Anda tentu perlu makanan yang bergizi. Noodle Schotel, merupakan salah satu jenis makanan praktis tapi sarat gizi yang tentunya bisa Anda jadikan sebagai menu makan siang favorit. Berikut ini adalah cara membuatnya. Yuk simak!
Noodle Schotel
Bahan :
3 bks mie instan, rebus sampai empuk, tiriskan
1 sdm margarin
3 siung bawang putih, haluskan
250 gr daging ayam, potong dadu kecil
200 gr sosis ayam, potong bulat 1 cm
100 ml air kaldu
3 btr telur ayam, kocok lepas
1 sdt garam
1/2 sdt lada bubuk
2 btg daun bawang, iris halus
100 gr keju parut, untuk taburan
Saus Putih :
75 gr margarin
75 gr tepung terigu
500 ml susu cair
1/2 sdt lada bubuk
75 gr keju parut
Cara membuat :
1. Buat saus putih: Panaskan margarin sampai leleh, masukkan tepung terigu, aduk cepat hingga menggumpal.
2. Tuang susu sedikit demi sedikit sambil terus diaduk sampai halus dan licin. Tambahkan lada bubuk dan keju parut, aduk rata. Kemudian angkat dan sisihkan.
3. Panaskan margarin, tumis bawang putih sampai harum, masukkan ayam dan sosis, aduk sampai berubah warna, masukkan mi. Lalu tuang kaldu dan telur kocok, aduk rata, bubuhi garam dan lada. Masukkan daun bawang, aduk rata, masak sebentar, angkat.
4. Tuang adonan mi kedalam mangkuk aluminium, beri saus putih di atasnya. Taburi keju parut secukupnya, lalu panggang sampai matang kecoklatan.

Bagi Anda penggemar ayam bakar, mungkin sesekali bisa mencoba membuat sendiri masakan ini ya ladies. Seperti yang kita tahu banyak sekali jenis ayam bakar yang ada di Indonesia. Setiap daerah mempunyai berbagai jenis masakan ayam bakar dengan aneka bumbu yang diolah sedemikian rupa sehingga memberikan cita rasa yang unik dan khas. Nah, berikut ini akan kami berikan satu lagi resep masakan sejenis, yaitu ayam bakar jawa yang tak kalah lezat dari segi rasa dan tentunya bisa Anda coba. Yuk simak!
AYAM BAKAR JAWA
Bahan :
1 ekor ayam negeri potong 16
Santal kental 250 ml
Kemiri bulat 3 btr
Cabe merah, 6 bh
Rawit jawa, secukupnya (sesuai selera)
Serai 2 btg, digeprek
Asem jawa, larutkan dengan air sebanyak 2 sdm
Gula merah 50 gr
Bawang putih 6 siung
Bawang merah 8 siung, diiris, digoreng
Minyak secukupnya
Garam secukupnya
Cara membuat :
1. Haluskan cabe merah, rawit jawa, kemiri, bawang putih dan garam.
2. Masukkan santan kedalam wajan, berikut bumbu yang telah dihaluskan, ayam, gula merah, asem jawa, dan serai.
3. Aduk rata, lalu ungkep ayam dalam api sedang. Sesekali aduk ayam agar bumbu meresap dengan sempurna.
4. Jika ayam sudah matang dan santan agak mengering, matikan kompor. Tempatkan ayam diwadah, lalu dinginkan beberapa saat.
5. Ayam yang telah didinginkan siap untuk dibakar, tetapi sebelum dibakar, bersihkan dulu bumbu yang melekat pada ayam. Ini bertujuan agar bumbu tidak banyak terbuang dan berjatuhan di alat pembakar.
6. Pastikan alat pembakar sudah dalam keadaan panas, setelah itu ayam bisa dibakar sambil dibolak balik agar matang dengan sempurna. Sisihkan sisa bumbu.
7. Tumislah sisa bumbu dengan minyak bekas menggoreng bawang merah. Aduk selama 5 menit, lalu masukkan ayam yang telah dibakar tadi. Aduk rata.
8. Setelah itu taruh dipiring lebar dan taburi dengan bawang goreng.
9. Ayam bakar jawa pun siap untuk disajikan.
Catatan: Jika ingin ayam bakar yang agak pedas, maka jumlah cabe bisa ditambahkan.


Orang Bandung tentu telah tak aneh dengan makanan yang satu ini. Yap! Kue cubit. Kue cubit yaitu salah satu dari bermacam kue basah jajanan tradisional yang kerap di sajikan juga sebagai camilan simpel yang sangatlah popular di Bandung. Kue Cubit termasuk juga jajajan anak janganlah salah meskipun ini termasuk juga jajanan anak nyatanya type makanan ini dapat disenangi beberapa orang dewasa loh. 

Terasa yang manis demikian menarik perhatian orang hingga kue cubit ini sangatlah disenangi beberapa pengagum serta kue jalanan ini cukup laris keras loh. Kue cubit ini umumnya ditaburi dengan sedikit coklat meises dengan sisi bawah yang dipanggang hingga agak kecoklatan. Namun banyak beberapa orang yang sukai dengan kue cubit 1/2 masak. Rasa yang diperoleh dari kue cubit 1/2 masak ini sangatlah unik lantaran adonan sisi atas merasa sedikit cair, hangat, manis dan sedikit rasa tepung yang masih tetap merasa, demikian digigit wow, terasa manis serta sangatlah melted banget dimulut. 

Bukan sekedar kue cubit masak serta kue cubit 1/2 masak yang dapat anda peroleh dari kue jalanan yang satu ini. Adonan ini dapat dapat di bentuk jadi yang namanya jaring laba-laba. Memiliki bentuk sama seperti jaring laba-laba namun jaring laba-laba ini tipis seperti kue cubit masak tetapi tidak tebal seperti jaring serta di hidangkan masak. 

Jajanan kue cubit bandung 

Kue cubit ini adalah jajanan yang bisa di katakana telah langka, namun mempunyai rasa yang sangatlah enak, dengan harga yang bisa di katakan murah kadang-kadang penjual kue cubit membandrol harga 10 ribu rupiah per 11 biji namun ada pula penjual yang jual dengan harga 7 ribu rupiah per 6 biji. Namun sebagai masalah kadang-kadang penjual kue cubit ini jualannya tak menentu. Umumnya kue cubit kerap kita jumpai di sekolah – sekolah SD yang menyebar di Bandung. Anda bisa temukan gerobak penjual kue juga seperti di beberapa tempat berikut ini : 

Jl. Sumatra (Belakang BIP) 
Daerah seputar Masjid Istiqomah 
Depan penjual soto betawi 
Dekat gerbang masuk Masjid Istiqomah 
Depan baso fortuna 
Daerah jalan seputar cisangkuy (depan pasar cisangkuy) 
Jl. Cimanuk (Depan Erha Clinic) 
Jl. Hariang Bangga (Depan Sushi Den serta Kupu Bistro) 
Jl. Ciumbuleuit (Depan Kampus Katolik Parahyangan) 
Jl. Burangrang (Depan baso Enggal BPI) 
Simpang Dago (Depan McD serta Salon Memori) 
Jl. Cikutra (Depan SMA 10) 
Jl. Prof. Drg. Surya Sumantri (Sebrang Gokana) 
Jl. Banda (Depan English First serta sebrang Jonas) 
Jl. P. H Hasan Mustofa 
Gang Pelita 
Depan SMP 
Daerah seputar Jl. Otto Iskandar Dinata 
Daerah seputar Kepatihan 
Daerah seputar Dewi Sartika


SAAT kecil, Anda pasti mengetahui es goyang, yang memanglah pernah berjaya di masanya. Walau telah tidak sering tampak dijajakan, sebagian penjual masih tetap melindungi keklasikannya. 
Aman, salah seseorang pembuat sekalian penjual es goyang, menyampaikan bahwa walau banyak variasi es yang berkembang, hadirnya es goyangnya terus senantiasa diminati. " Ada banyak kok yang mencari es ini, umumnya saya bawa 1. 000 potong serta senantiasa habis /harinya, ” tuturnya pada Okezone waktu didapati di festival kuliner Pasar Senggol Summarecon Bekasi, Jawa Barat, belum lama ini. 

Dia memberikan, walau banyak penjual tawarkan es cream dengan macam bentuk kreatif, es goyang bikinannya masih tetap dapat bertahan. Bahkan juga, dia mengaku bahwa masih tetap beberapa orang mencarinya. Aman tidak terasa takut tersaingi dengan hadirnya es-es moderen serta beragam itu. Ia terasa bahwa es goyangnya terus mempunyai pelanggan setia. 

Seakan tidak ingin kalah dengan fenomena es satu dolar ala Singapura, Aman senantiasa menjual es goyangnya di seputaran ruang mal Summarecon Bekasi serta Summarecon Serpong yang disebut cabangnya. Ia menurutkan, pihak mal biarkan berjualan di sekitaran ruang manfaat melestarikan makanan tradisional itu. 

 " Saya umum keliling di sekitaran mal. Alhamdulillah, 1. 000 potong senantiasa habis terjual. Jadi, tidak kalah dengan es satu dolar itu, " katanya, sembari tertawa. 

Es goyang buatan Aman mempunyai beragam variasi rasa, salah satunya cokelat, pisang, strobery, durian, serta kacang hijau. Es goyang yang sudah dikeluarkan dari pendingin itu lalu di celupkan ke cairan cokelat pekat serta ditaburi kacang tanah goreng yang sudah dicincang kasar. Es goyang juga siap disantap. Sepotong es goyang buatan Aman di bandrol harga Rp10 ribu per potong.


Mau nikmati coklat berkwalitas? Silakan datang ke Pipiltin Cocoa. Tidak sama dengan kafe atau chocolate shop yang lain, Piplitin mengaplikasikan rencana “bean to bar”. Berarti, biji coklat yang didapat dari Bali serta Aceh diolah sendiri di café ini. 

Lebih menarik lagi dari mulai sistem pemanggangan, winnowing, penggilingan, pemurnian, pencampuran, conching, hingga tempering coklat dapat kita saksikan di lantai basic. Ini yang jadikan Pipiltin tampak seperti pabrik coklat mini. 

Masuk kafe ini mungkin saja Anda bakal bingung lantaran tak lihat tempat duduk. Ya, meja serta kursi untuk pengunjung memanglah ada di lantai 2. Kesan ruang yang dipertunjukkan kedai coklat ini tampak gelap. Mereka memakai warna abu-abu, coklat serta hitam pada interior ruangnya. Di sini kita dapat juga lihat almari pendingin penuh dengan bermacam cake coklat yang menggoda. 

Banyak menu yang dapat Anda dapatkan seperti egg no yang disebut kombinasi dari white chocolat panacotta, mango, passion fluid, hocolate chili soil serta selai. Ada pula tiramisu yang di buat dari kombinasi mascarpone crea, lady finger serta espreso. Diluar itu ada floss, ebony lvory, churros, crunchy chocolate cheese cake serta crunchy rascpberry cake dapat juga dicoba kelezatannya. 

Terkecuali menu yang memiliki bahan basic coklat, Pipiltin juga sediakan pizza, pasta serta nasi. 

Untuk Anda yang mau datang ke Pipiltin Cocoa, kafe ini terdapat di Jalan Barito 2 No. 5, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.


Beberapa puluh orang duduk lesehan diatas tikar di tepi jalan. Raut muka mereka terlihat terengah-engah, matanya melotot. Sebagian repot mengelap peluh di keningnya. Walau sebenarnya beberapa orang ini bukanlah tengah olahraga, mereka tengah makan malam! Ya, kondisi ini berlangsung di suatu warung tenda di daerah Kauman, Yogyakarta. Makanan seperti apa rupanya yang bikin acara makan malam tampak demikian melelahkan? 

Inilah dampak dari oseng-oseng mercon. Makanan kreasi Bu Narti ini saat ini sudah jadi kuliner khas Yogyakarta. Berdiri mulai sejak th. 1998 waktu negara ini tengah dirundung krisis ekonomi, untuk melanjutkan hidup sesudah ditinggal mati sang suami. Populer sampai ke beragam kota, menarik tiap-tiap pejalan untuk coba. 

Mercon, yang dalam Bhs Indonesia yaitu petasan jadi nama kuliner bukanlah tanpa ada karena. Buntelan mesiu yang kerap digunakan dalam perayaan Imlek serta menyemarakkan lebaran ini seakan meledakkan dianya di mulut. Seperti pejuang berani mati yang mengantar bom ke sarang musuh. Begitulah oseng-oseng racikan Bu Narti meluluh lantakkan kita. Bikin mata melotot, terengah-engah sembari mengipas lidah, sampai gobyos kotos-kotos, peluh bercucuran membasahi. 

Dipandang dari memiliki bentuk, tidak ada yang menarik dari hidangan ini. Cuma nasi putih panas ditemani oseng-oseng simpel diisi kikil, gajih, kulit, serta tulang muda. Orang Jogja menyebutnya koyoran. Tampak sangatlah berminyak, ditambah kepungan irisan cabai rawit yang bijinya melekat di koyoran. Sedikit mengerikan. Apabila didiamkan sebentar saja oseng-oseng ini bakal membeku, kaku. Bukti kandungan lemak yang demikian banyak. Jadi konsumsilah dengan cepat. Panas nasi putih dapat juga menolong memperlambat sistem pembekuan lemak. Toh, makan mercon selezat ini mana dapat lambat-lambat, seluruhnya gerak cepat, tidak sabar rasakan ledakan-ledakan setelah itu. Kalau-kalau menyerah terserang pedas, menu lain seperti ayam, burung puyuh, serta lele bakal menolong memulihkan lidah. Kapok lombok namanya, begitulah yang dirasa oleh YogYES. Terengah-engah kepedesan demikian rupa, namun tidak ingin berhenti. Serta besok terasa mau kembali, rasakan lagi ada mercon meledak di mulut. 

Menurut Bu Narti, sang empunya warung ini, nama oseng-oseng mercon yaitu pemberian dari budayawan Cak Nun. Konon, beliau kerap makan disini berbarengan istrinya atau rekan-rekan seniman. Karena sangat luar umum pedas, beberapa nama terkecuali mercon juga disematkan untuk oseng-oseng ini, umpamanya bledeg serta halilintar. Apabila mau rasakan sambaran halilintar datanglah diakhir minggu lantaran spesial pada malam minggu, Bu Narti bakal melipat gandakan komposisi cabainya. Apabila di hari umum untuk 50 kg koyoran digabung dengan 6 kg cabai, jadi diakhir minggu Bu Narti bakal menaikkan jumlah cabai. Seberapa banyak? Beliau merahasiakannya, yang pasti tambah lebih pedas. Nah, walau bukanlah musim hujan, bersiap-siaplah tersambar halilintar kiriman Bu Narti.

Nyatanya kuliner di kota Pekanbaru gak kalah sama kuliner di beberapa tempat yang lain. Beberapa tempat makan di Pekanbaru banyak yang mempunyai design unik serta cozy untuk sebatas sarapan, makan siang serta makan malam, bahkan juga banyak juga tempat yang kece serta cozy untuk hangout. Satu diantaranya yang satu ini nih, Local Pantry – Cafe & Restaurant. Resto ini mempunyai situasi yang sangatlah jual banget dengan design interiornya yang cakep buat kita kerasan berlama-lama. Tempatnya pas untuk berfot-foto, terlebih buat yang hilang ingatan selfie. Local Pantry ini didominasi dengan warna hitam serta putih dengan design yang classic serta di ramaikan dengan gambar-gambar cantik dalam bingkai photo yang menghiasi dinding resto. 

Dari sisi rasa, Crispy Chicken Skin (kulit ayam krispi) yang saya pesen mempunyai rasa yang enak banget, krispinya kerasa renyah sekali. Terasa makin mantap setiap saat si kulit ayam di celupkan ke sambal mayo yang pedas-pedas-manis gitu dech. Serta lagian, yang namanya masakan olahan ayam memang senantiasa enak sih ya (basic saja memang favorite sama ayam goreng). Juga sebagai penutup saya pesan Sere Ice Tea. Minuman ini nyaris sama juga dengan ice tea umumnya, cuma saja ada rasa serehnya gitu yang sedikit pedas serta hangat namun sangatlah beri kesegaran. 

Dari sisi harga, mungkin saja masakan disini memanglah terbilang lebih mahal dari masakan di resto yang lain. Namun sekali-kali memanjakan diri dengan masakan lezat kelas resto bintang 5 tidak jadi masalah kan? Jika penasaran ingin bertandang ke Local Pantry ini, dapat segera saja datang ke tempat di Kompleks Riau Business Centre (RBC) Jln. Riau, Blok C 11, 12, 12A – Pekanbaru.


Main-main ke Pekanbaru nemu salah satu cafe yang unik ini di Jalan Sudirman No. 321 (samping Bank BNI), Pekanbaru. Namanya Mr. Brewok dining room, yang lukisannya bergambar bapak-bapak dengan kumis serta janggut brewok. Cafe ini mempunyai ruang yang nyaman dengan ruang terbuka serta langit-langit yang tinggi, hembusan angin yang sejuk dari luar bikin kita kerasan tinggal lama-lama di cafe ini, ditambah lagi dengan lukisan-lukisan sketsa di whiteboard putih yang besar dengan gambar-gambar serta kalimat yang unik serta lucu menghiasi dinding cafe. 

Menu yang di tawarkan di Mr. Brewok ini lumayan beragam masakan tradisional Indonesia, masakan western, beragam minuman serta dessert ada di Mr. Brewok. Untuk kafe sekelas Mr. Brewok yang memberi kenyamanan situasi makan serta kelezatan menu makanan yang di tawarkan membanderol harga yang cukup terjangkau. oleh karenanya tempat ini senantiasa ramai didatangi pengunjung, terutama cocok sabtu malam di mana banyak yang bertandang dengan pasangannya. 

Menu yang saya pesan saat itu yaitu chicken steak, sedang minumannya yaitu greentea caramel dengan dessertnya yaitu banana split. Dari sisi rasa steaknya cukup gurih, serta bumbunya cocok dengan selerea saya. Steaknya juga menurut saya dipanggang dengan sangatlah cocok, hingga membuahkan teksturnya yang empuk. Untuk greentea nya menurut saya ini terasa unik banget, rasa teh yang digabung coklat caramel hingga rasa karamel lebih mendominan dari teh hijauna, namun rasa nya terus beri kesegaran. Bila banana split, pasti lah terasa enak banget, memang ice krim favorite sih. 

Nah jadi untuk kamu yang lagi ada di Pekanbaru selalu nyoba cari tempat hangout yang nyaman, dapat di cobalah nih Mr. Brewok. Kafe ini buka dari mulai jam 11 siang hingga jam 10 malam.


Surabi, makanan khas indonesia yang di buat mirip kue dorayaki yang memiliki ukuran besar ini adalah kue yang datang dari Jawa. Surabi tidak sama dari tiap-tiap regionnya. Yang biassa dikenal yaitu surabi bandung serta surabi solo. Tetapi yang lebih terdengar booming yaitu surabi bandung. Surabi khas orang sunda ini di buat dari tepung beras yang di masak diatas tungku tanah liat memiliki ukuran kecil. Menu tradisional surabi bandung awal mulanya cuma mempunyai sedikit varian toping, seperti surabi polos, surabi gula, surabi oncom serta surabi telur. Namu lantaran kreatifitas orang bandung dalam membuat surabi moderen, saat ini surabi mempunyai beragam jenis varian toping rasa, hingga lebih booming serta lebih di kenal. 

Di Lampung ada surabi asal bandung yang telah populer serta mempunyai banyak cabang di sebagian kota besar di Indonesia. Namanya yaitu Soerabi Bandung Ehaii di Jl. Zainal Abidin Pagar Alam No. 1, Bandar Lampung. Surabi ini di Bandung di kenal dengan surabi enhaii lantaran buka di seberang Universitas NHI Bandung. Surabi Enhaii terbagi dalam beragam rasa, jadi bukan hanya serabi jadul saja, meskipun di sini juga jual serabi dengan oncom seperti aslinya serabi ada pula serabi moderen yang dimodifikasi agar disenangi kelompok muda, toping serabinya banyak jenisnya, itu yang bikin gemas mau menyantap, ada rasa coklat, keju, oncom, telur, sosis, yumm... tinggal tentukan yang mana yang paling disenangi. 

Menu surabi favorite saya yaitu menu surabi orignal dengan toping oncom serta surabi keju. Terasa yang lezat pada akhirnya dapat menyembuhkan rasa kangen saya sama makanan surabi asli bandung ini. namun yang paling jadi favorite saya sih surabi original oncom, soalnya rasa lebut serta gurih tepung beras di pad rasa pedasnya oncom itu terasa enak banget. Tempat cafenya lumayan luas serta nyaman, juga dapat menyimpan banyak pengunjung. Terkecuali menu surabi ada menu tradisional yang lain seperti bermacam mie, seperti kue tiwau, bihun sampai traditional food.


Pengagum masakan Thailand di Yogyakarta, saat ini Anda mempunyai pilihan baru untuk nikmati Tom Yum, Ayam Goreng Pattaya, serta masakan khas negara Gajah Putih yang lain dengan harga yang enteng di kantong. 

Bertempat di Jalan Damai No. 41 Yogyakarta, Restoran Pattaya Thai yang bergaya enjoy ini mendatangkan masakan Thailand yang lezat serta murah meriah. Dengan Rp 29. 500 saja, seporsi Tom Yum dapat Anda nikmati sendiri atau Anda untuk dengan 3 orang rekan Anda. Suo Tom Yum Pattaya Thai ada dalam beragam pilihan isi seperti seafood, udang, sapi, ayam serta bakso ikan. 

Terkecuali Tom Yum, Anda dapat juga nikmati menu yang lain seperti : 

Ikan Kakap Rp 29. 500 
Mie Swa Ayam Rp 14. 500 
Kwetiau Phat Thai Ayam Rp 17. 500 
Kwetiau Phat Thai Sapi/Seafood Rp 19. 500 
Bubur Pattaya Ayam Rp 11. 500 
Nasi Goreng Sapi/Udang/Seafood/Bumbu Tom Yum Rp 19. 500 
Nasi Goreng Dalam Nanas Rp 22. 500 
Nasi Goreng Siram Seafood Rp 22. 500 

Cukup terjangkau, bukan?
Resep serta Langkah Bikin Soto Medan condong nyaris sama juga dengan soto-soto yang ada di Nusantara. Tetapi yang sedikit membedakan yaitu dari struktur sotonya. Soto medan mempunyai ciri khas dengan kuah yang kental serta rasa soto yang Mantap. Simak resep langkah membuatnya di bawah ini.

Bahan serta bumbu soto Medan :

1 ekor ayam potng, potong2 jadi 2 bagian
1, 5 liter santan encer
500 ml santan kental
2 ruas lengkuas, memarkan
4 batang serai, memarkan
4 batang daun bawang, potong-potong
2 lbr daun salam
garam secukupnya
minyak untuk menumis
Bumbu halus :
6 siung bawang putih
12 siung bawang merah
1 sdm ketumbar
3 ruas kunyit
2 ruas jahe
1/2 sdt jintan
1 sdt merica

Langkah bikin Soto Medan Yang Enak :

Panaskan minyak kedalam wajan, lantas tumis bumbu yang telah dihaluskan. Lalu disisul lengkuas, daun salam serta serai, tumis sampai harum. Masukkan potongan daging ayam, aduk serta masak hingga ayam tampak beralih warna.
Masukkan 500 ml santan encer hingga ayam benar2 terendam. Imbuhkan garam sesuai sama selera, masak ayam hingga masak serta bumbu meresap kedalam daging. Angkat ayam, sisihkan.
Tuangkan bekas santan encer serta masaklah sampai mendidih. Imbuhkan santan kental dan daun bawang, masak kembali sampai mendidih sembari di aduk-aduk supaya santan tak pecah. (Soto Khas Medan condong mempunyai struktur kuah yang agak kental).
Paling akhir, goreng daging ayam sampai kering, lantas suwir-suwir.

Untuk langkah penyajian Soto Khas Kota Medan ini sejatinya sama juga dengan soto-soto lainya. Nah, supaya menu masakan soto hasil karya sendiri lebih komplit, pakai bahan pelengkap soto seperti telur rebus, kentang rebus, kerupuk atau apa pun sebagai selera Anda serta keluarga terkasih. Selamat coba..!
Lantaran telah jadi makanan turun-temurun, beberapa orang mengidentikkan ketupat dengan Lebaran. Di orang-orang Jawa, makanan ketupat dipelopori pertama kali oleh Sunan Kalijaga, saat penyebaran Islam di tanah Jawa pada th. 1400-an. Sunan Kalijaga yang bernama komplit Raden Said adalah satu dari sembilan sunan yang menebarkan Islam di Jawa. Ia di kenal juga sebagai ulama yang menebarkan agama lewat kesenian Jawa.

Sunan Kalijaga mengenalkan ketupat pada orang-orang Jawa lewat 2 x perayaan, yaitu nikmati ketupat waktu Lebaran serta satu minggu setelah Lebaran. Sejak itu orang-orang di seputar Kudus serta Demak, saat sebelum Lebaran senantiasa menganyam ketupat dirumah mereka semasing. Anyaman sebesar kepalan tangan orang dewasa itu di isi beras serta dikukus. Sesudah masak, makanan itu dibawa ke rumah saudara yang lebih tua sembari mohon maaf. Kebiasaan ini lalu jadi arena silaturahim antar orang-orang.

Dari pemaknaan Sunan Kalijaga, ketupat memiliki makna yang sangatlah mendalam. Ketupat yang dianyam melambangkan kekeliruan manusia yang rumit. Bahwa manusia digambarkan juga sebagai sosok yang acap lakukan kekeliruan, ke kanan, kiri, atas, serta bawah, seperti anyaman ketupat. Karenanya, kekeliruan itu mesti dihapus lewat cara sama-sama memaafkan waktu Lebaran. Simbol kesucian itu terlukis pada putihnya ketupat saat dibelah.

Arti setelah itu yaitu kesempurnaan, lantaran ketupat kerap sama dengan makanan yang dikemas dengan cara indah lewat anyaman. Tiga arti tersebut yang senantiasa digaungkan oleh Sunan Kalijaga.

Cooked-Ketupat-Bawang



Type ketupat
Dengan berkembangnya saat, di Indonesia type ketupat berbagai macam. Lain daerah, lain juga ketupatnya.

Ketupat ketan kapau. Di Sumatera Barat ketupat ini dimaksud “katupek katan kapau”, yaitu ketupat yang diisi ketan. Ketupat type ini terasa nyaris sama juga dengan lemang, makanan yang dibakar memakai bambu. Katupek katan kapau acap jadikan pencuci mulut selepas menyantap hidangan paling utama.

Ketupat glabed. Di Tegal, Jawa Tengah, di kenal ketupat glabed, yaitu ketupat yang di sajikan dengan kuah kuning nan kental. Kata “glabed” di ambil dari ekspresi orang-orang Tegal saat nikmati kuah ketupat yang kental, “glabed… glabed…”. Terkecuali kuahnya yang kental, makanan ini makin nikmat saat dibubuhi tempe goreng, kerupuk, serta sambal pedas.

Ketupat bebanci. Di seputar Jakarta, orang-orang mengetahui arti ketupat bebanci yang disebut makanan khas Betawi. Ketupat ini di sajikan dengan kuah santan yang terbuat dari bermacam bumbu kemiri, bawang merah, bawang putih, rempah-rempah, dan cabai. Tidak lupa juga sebagai pelengkap ditambahkan daging sapi yang gurih.
Beberapa info perihal gizi serta makanan yang sampai kini Anda pegang teguh nyatanya belum seutuhnya benar dari segi medis. Kerapkali info ini cuma berbentuk mitos serta omong kosong belaka. Nah, inilah sebagian mitos perihal gizi serta makanan yang sering menyesatkan :

1. Gula mengakibatkan diabetes
Bila Anda diabetesi, Anda butuh memperhatikan konsumsi gula serta karbohidrat untuk melindungi kandungan gula darah. Apabila bukanlah diabetesi, konsumsi gula tidak mengakibatkan diabetes. Yang benar, diet tinggi kalori, termasuk juga banyak minum serta makan manis, kegemukan, serta tidak pernah berolahraga yaitu aspek resiko paling utama pemicu penyakit diabetes jenis 2.

2. Seluruhnya lemak buruk
Kita seluruhnya perlu lemak lantaran lemak menolong penyerapan vitamin A, D, E, K, transmisi saraf, serta melindungi integritas membran sel. Tetapi, saat dikonsumsi terlalu berlebih, lemak mengakibatkan penambahan berat tubuh, penyakit jantung, serta kanker. Pasti tak seluruhnya lemak jelek. Pastikan lemak baik yang dimaksud lemak tidak jemu tunggal serta lemak tidak jemu ganda dalam pola makan sehari-lemak. Lemak tidak jemu ini ada pada ikan serta kacang-kacangan.

3. Gula cokelat tambah baik di banding gula putih
Memanglah benar gula cokelat memiliki kandungan beberapa mineral. Tetapi, mineral itu dapat merasa faedahnya untuk badan bila dikonsumsi dalam jumlah sangat banyak. Dalam mengkonsumsi keseharian, ketidaksamaan kandungan mineral itu tidak terlampau penting.

4. Kulit telur cokelat lebih bergizi di banding yang putih
Warna kulit telur bisa berwarna-warni, namun itu tidak ada hubungan dengan kwalitas, rasa, serta kandungan nutrisinya.

5. Turunkan cholesterol dengan pantang seafood
Kuncinya yaitu mengkonsumsi dalam jumlah lumrah lantaran seafood memanglah memiliki kandungan cholesterol. Kandungan cholesterol pada badan beberapa besar di pengaruhi oleh lemak jemu serta trans fatty acid. Keduanya ini ada dalam daging merah serta makanan paket olahan. Trans fatty acid ada di makanan ringan paket, gorengan, atau margarin yang diisi minyak hydrogenated.

6. Jauhi karbohidrat supaya berat tubuh cepat turun
Pesan paling utama diet rendah karbohidrat yaitu karbohidrat mempercepat produksi insulin yang ujung-ujungnya bakal menaikkan berat tubuh. Tetapi, membatasi konsumsinya terlalu berlebih dapat bikin badan kekurangan karbohidrat untuk aktivitas harian. Mengakibatkan, badan bakal membakar cadangan karbohidrat untuk daya, dengan melepas air. Tersebut penyebab Anda kehilangan banyak air saat diet rendah karbohidrat.

7. Jauhi kacang-kacangan lantaran berlemak
Memanglah benar kacang-kacangan tinggi kalori. Asal tidak terlalu berlebih, kacang-kacangan baik untuk kesehatan lantaran memiliki kandungan lemak tidak jemu tunggal serta ganda.

8. Ibu hamil mesti makan untuk dua orang
Keperluan daya tiap-tiap orang itu tidak sama. Referensi penambahan gizi untuk ibu hamil yaitu 100 kilo kalori untuk trimester pertama serta 300 kilo kalori untuk trimester ke-2. Misalnya, penambahan kudapan saat sebelum tidur untuk ibu hamil yaitu buah, yoghurt, serta sebagian potong biskuit.

9. Tak makan malam menolong turunkan berat tubuh
Beberapa orang memikirkan, makan lebih sedikit bermakna mempercepat penurunan berat tubuh. Mereka tidak paham, saat tidak makan, badan memikirkan kita tengah kelaparan serta karena itu memperlambat sistem metabolisme. Kita juga condong makan banyak setelah melalui saat makan. Karenanya, janganlah terlewat saat makan. Langkah yang sehat yaitu makan kerap namun dalam jumlah kecil supaya gula darah selalu seimbang.

10. Daging merah tak baik untuk kesehatan
Memanglah benar daging merah tingkatkan resiko penyakit jantung lantaran kandungan lemak jenuhnya. Walau sebenarnya, daging putih juga memiliki kandungan lemak jemu. Seporsi daging sapi sirloin atau babi tenderloin memiliki kandungan lemak jemu lebih sedikit dari pada paha ayam dengan kulit. Janganlah makan daging ayam dengan kulitnya. Tentukan daging sapi tanpa ada lemak supaya tak menaikkan kandungan lemak jemu pada badan.
Terkecuali mempunyai panorama serta hawa yang yang masih tetap sejuk, kota Bandung jadi maksud wisata lantaran mempunyai keanekaragaman kuliner yang menarik untuk dicoba. Salah satu kuliner yang layak dicoba di kota kembang ini yaitu type camilan khas yang populer dari kota ini. Yuk, intip jajanan populer yang disebut ciri khas dari wisata kuliner di kota Bandung.

Surabi atau Serabi

Makanan khas Bandung yang terbuat dari tepung ini serupa dengan pancake. Ketidaksamaannya, surabi di buat lewat cara dibakar di atas tungku serta adonannya lebih tidak tipis. Peralatan yang dipakai untuk membakar memakai alat simpel, yakni dibakar dengan memakai tungku di atas cetakan yang terbuat dari tanah liat. Alat-alat simpel inilah yang bikin terasa masih tetap merasa keasliannya.
Juga sebagai pelengkap, Anda bisa pilih toping untuk campurannya. Toping nangka, coklat keju, coklat, pisang, sosis atau duren. Namun bila mau toping yang unik, Anda bisa coba surabi toping oncom. Surabi yang populer dari kota Bandung yaitu surabi yang ada di Jalan Setiabudi, dekat universitas NHI.

Siomay

Salah satu makanan yang kerap didapati, mulai lingkungan sekolah, perumahan, perkantoran serta di tepi jalan, kita bakal kerap menjumpai jajanan siomay. Terbuat dari daging ikan digabung sagu, siomay makin nikmat dengan bumbu kacang. Bila Anda tengah berkunjung di kota Bandung, coba untuk singgah ke Jl. Veteran Bandung. Disini Anda bakal temukan siomay Kingsley yang sudah jadi favorite.

Batagor

Adalah makanan yang masih tetap bersaudara dekat dengan siomay. Singkatan dari bakso tahu goreng, batagor tampak dengan warna kecoklatan sesudah digoreng. Adonan ikan serta tepung kanji digoreng yang ditambahkan dengan saus kacang serta perasan jeruk limau, yang bakal menamah kesenangan waktu menyantapnya. Kota Bandung mempunyai batagor yang tawarkan kelezatan yang sudah banyak disadari penikmatnya. Anda bisa berkunjung ke batagor Riri yang ada di lokasi Burangrang.

Peuyeum

Salah satu makanan khas kota Bandung yang kerap jadikan oleh-oleh yaitu peuyeum. Bila Anda belum familiar dengan apakah itu peuyeum, mungkin saja makanan yang serupa serta lebih terkenal yaitu tape. Yakni singkong yang difermentasikan hingga terasa jadi manis, asam serta mengandung alkohol. Peuyem memanglah serupa dengan tape, ketidaksamaannya peuyeum lebih kering lantaran langkah pembuatannya sedikit tidak sama. Dalam penyajiannya, Anda bisa coba peuyeum dengan toping keju atau coklat serta variasi toping yang lain. Peuyeum yang bisa dicoba saat berkuliner di Bandung ada di dekat terminal Leuwi Panjang. Sebagian toko kue populer di Bandung juga sediakan variasi dari peuyeum seperti peuyeum molen.

Colenak

Kepanjangan colenak yaitu ” dicocol enak “. Nama yang lucu ini adalah nama yang didapatkan pedangang pertamanya pada th. 1930-an. Adalah modifikasi dari peuyeum, colenak yaitu peuyeum yang dibakar di atas arang lalu diguyur cairan gula merah kental serta di beri parutan kelapa. Mau coba mencocol serta rasakan nikmatnya colenak? Luangkan untuk singgah ke lokasi Ciputra Bandung.

Memanglah kota Bandung tawarkan beragam macam jajanan lezat serta istimewa seperti brownies, es cream, yoghurt serta yang lain. Tetapi, luangkan diri untuk berkunjung nikmati jajanan lezat tradisional dari wisata kuliner kota Bandung. Jajanan lezat ini bisa di nikmati dalam situasi enjoy sembari nikmati keindahan kota Bandung. Anda dapat juga membawa pulang juga sebagai oleh-oleh khas Bandung untuk kerabat serta keluarga Anda.
Tahu Pong di kenal dengan juga tahu kosong. Tahu Pong memanglah adalah tahu yang di bagian dalamnya ada sisi yang kosong hingga pas dengan namanya. Dengan bumbu pelengkap serta makanan pelengkap yang lain, Tahu Pong jadi makanan khas yang layak dicoba. Di Jakarta, Anda bisa nikmati makanan khas Semarang ini di daerah Hayam Wuruk, daerah pusat kota yang gampang diraih.

Tahu Pong Hayam Wuruk

Tempat makan Tahu Pong Hayam Wuruk tempati emperan toko, seperti seperti makanan kaki lima, dengan 3 meja besar, jadi tempat makan ini baru buka pada sore hari, sesudah toko tutup. Posisinya ada di Jl. Hayam Wuruk di depan halte busway (TransJakarta) Serasi atau di seberang Carrefour Duta Merlin. Ada spanduk bertuliskan ” Tahu Pong Semarang Ayam Kalasan “. Spanduk ini jadi pemberi tanda tempat makanan khas Semarang ini. Walaupun di tempat yang simpel, namun cukup banyak pengagum makanan ini. Ini tampak dari pengunjung yang ikhlas mengantri pada jam-jam makan.
Hidangan yang ada tak terlampau banyak lantaran tempat ini memanglah jual Tahu Pong yang khas. Anda bisa pilih Tahu Pong yang terbagi dalam 2 type yakni Tahu Pong dengan sisi dalam tahu kosong atau Tahu Emplek yakni tahu yang sisi dalamnya padat, ada pula Gimbal Udang, Telur, Ayam kalasan, Bandeng Presto serta camilan khas Semarang yakni Lumpia Semarang. Untuk Anda yang pertama kali bertandang atau Anda mau mencicip seluruhnya hidangan yang ada, Anda bisa pilih menu-menu paket Tahu Pong Gimbal Telur atau Tahu Pong Emplek Gimbal Telur dengan harga Rp 13. 000, –
Tahu Pong di sajikan berbarengan saus encer berwarna coklat yang disebut kombinasi dari gula merah, kecap manis, bawang putih serta petis udang. Anda dapat juga memberikan sambal serta acar lobak putih yang ada di meja. Saus petis ini jadi pelengkap yang sangatlah cocok untuk dicocol dengan Tahu Pong. Waktunya mencicip Gimbal Udang atau Bakwan Udang. Dengan digoreng kering, Gimbal Udang merasa renyah. Dengan udang cukup banyak serta memiliki ukuran besar dibalut tepung bikin gorengan ini sangatlah nikmat. Nikmati Tahu Pong merasa lebih nikmat bila dikonsumsi berbarengan nasi putih. Anda bisa pesan Nasi Putih dengan membayar Rp 3. 000, -.

Ayam Kalasan

Ayam Kalasan bakal jadi menu yang harus dicoba. Bumbunya sangatlah merasa serta meresap ke dagingnya. Daging ayam merasa empuk serta lebih enak lantaran ayam yang di proses yaitu ayam kampung hingga lebih alami serta lebih sehat. Satu potong ayam kalasan dihargai Rp 18. 000, -.
Di bagian minuman, Anda bisa pesan bermacam juice seperti juice sirsak atau juice jambu merah seharga Rp 5. 000, -. Pilihan lain yaitu Es The Manis, Es Jeruk atau soft drink. Di samping tahu pong ada gerobak yang jual es campur. Untuk Anda yang mau nikmati es campur atau es kelapa bisa memesannya.
Nikmati makanan di hawa terbuka, rasakan hembusan angin malam, melihat ramainya kendaraan yang berlalu lalang serta nikmati makanan khas Semarang yang nikmat jadi langkah unik nikmati Tahu Pong di salah satu pojok kuliner malam Jakarta.

Tahu Pong Hayam Wuruk
Buka : Jam 18. 00 – 24. 00
Alamat :
Jl. Hayam Wuruk
Jakarta
Telp : 0818740893, 08881817713
Manusia mempunya siklus buang air besar kira-kira seminggu tiga kali. Bila kurang dari itu maka dapat disebut tidak normal. Yang baik bila satu kali sehari.
Ketidak normalan buang air besar biasanya karena kurang olah raga dan kekurangan asupan nutrisi yang benar. Nutrisi yang dibutuhkan di sini adalah kuliner yang berserat.
Serat adalah komponen yang tidak hancur oleh enzim lambung penghancur makanan. Terdapat pada sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, padi-padian dan selulose atau zat agar-agar.
Dianjurkan konsumsi kuliner yang berserat sebanyak 24 gram perhari atau 10-13 per 1000 kalori. Fungsinya mencegah kanker, mengurangi kelebihan kadar gula dalam darah, mengurangi kolesterol, dan menjaga lambung tetap terisi dan lambat kosongnya serta mncegah kegemukan.
Bila kekurangan kuliner yang berserat maka biasanya pada orang di usia 50 an tahun akan terancam berbagai macam penyakit. Misalnya kanker usus besar yang merupakan kanker terbesar nomor tiga.
Selain itu ada macam-macam penyakit lain yang umum seperti sembelit dan wasir atau ambeien.
Sedangkan penyakit berbahayanya yang lainnya adalah yang disebabkan karena berlebihannya kolesterol yaitu stroke dan jantung koroner. Ada juga diabetes karena kadar gula darah meningkat.


Kue ini mempunyai warna yang menarik yaitu gabungan putih diatas dan cokelat kekuningan dibagian bawahnya. Terasa yang manis serta teksturnya yang lembut bikin kue ini disukai orang-orang penggemar kuliner. Inilah kue talam ubi, kudapan tradisional sebagai salah satu jajanan pasar. 

Kue khas Betawi ini mempunyai sebagian jenis type yang sudah di kenal orang-orang seperti kue talam hijau, talam ubi, talam kentang serta talam ebi. 

Kue talam ubi terbuat berbahan paling utama ubi jalar, tepung kanji, serta tepung beras. Untuk menaikkan nuansa rasa pada kue, penambahan santan jadikan kue ini jadi nikmat waktu ada di mulut kita. 

Kue ini banyak kita jumpai di pasar-pasar tradisional. Warnanya yang unik, jadikan kue ini gampang dikenali bila disandingkan dengan kue-kue tradisional yang lain. Harga kue ini dapat relatif terjangkau, satu buah di jual Rp1. 000 - Rp1. 500. Nikmati kue ini sangatlah cocok ditemani secangkir teh hangat sembari bersantai dirumah berbarengan keluarga.


Manado sampai kini di kenal juga sebagai salah satu surganya kuliner di Indonesia. Banyak penggemar kuliner yang bila bertandang ke ibukota Sulawesi Utara ini tak melupakan peluang untuk berburu kuliner khas Manado yang populer kelezatannya satu diantaranya yaitu mie cakalang. 

Mie cakalang jadi salah satu makanan yang sangatlah popular di Manado. Mie dengan aroma ikan cakalang yang kuat ini umum di sajikan dengan bumbu-bumbu yang diantaranya terbagi dalam bawang merah, serta daun bawang. Irisan daging ikan cakalang yang di sajikan di atas mie jadikan mie ini merasa nikmat waktu lidah kita mencicipinya. 

Mie cakalang di sajikan dengan kuah bening dengan sedikit merica yang memberi nuansa rasa sedikit pedas di lidah. Uap panas yang mengepul dengan taburan bawang goreng di mangkok bikin selera makan kita bangkit waktu mie ini di sajikan. Untuk menaikkan nikmat rasa mie ini, umumnya mie cakalang di sajikan dengan dua jenis sambal yaitu sambal lombok ijo yang di rebus hingga lembek, digabung cuka, air serta garam dan sambal lombok merah yang diulek dengan sedikit bawang putih serta jahe. Ke-2 sambal ini dapat jadi pilihan sesuai sama selera. 

Orang-orang Manado umumnya nikmati mie cakalang dengan bubur manado juga sebagai sarapan. Tidaklah susah untuk temukan kedai-kedai yang jual mie cakalang. Di tiap-tiap pojok kota ini kita bisa menjumpai penjual mie cakalang yang dapat kita singgahi. Harga satu jumlah mie cakalang cukup terjangkau, dengan keluarkan kocek Rp12. 500 - Rp30. 000 kita telah dapat nikmati lezatnya mie cakalang khas Manado.